Akibat Jika Kurang Minum Air Putih

Dehidrasi dapat mengakibatkan tekanan darah rendah, kulit kehilangan elastisitas, hingga sakit kepala dan migrain.

Untuk bertahan hidup, manusia memerlukan makanan dengan gizi seimbang. Meskipun demikian, manusia masih mampu bertahan hidup selama berhari-hari tanpa makanan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi kebutuhan air dalam tubuh, sebab sebanyak 50% tubuh manusia terdiri dari air.

Ada banyak fungsi tubuh yang sangat bergantung pada air. Sedangkan ada pula aktivitas sehari-hari lainnya yang membuat manusia kehilangan cairan, di antaranya melalui buang air kecil dan keringat. Maka akan sangat berbahaya apabila tubuh tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Salah satunya yang pasti dapat terjadi apabila Anda kekurangan cairan adalah mengalami dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh tidak melulu selalu ditandai dengan rasa haus. Dehidrasi dapat pula ditandai dengan mulut kering, mudah lelah, urin berwarna kuning gelap hingga mata yang menjadi cekung. Apabila hal ini dibiarkan terus dalam waktu yang lama, dehidrasi akan mengakibatkan tekanan darah rendah, kulit kehilangan elastisitas, hingga sakit kepala dan migrain. Dehidrasi juga dapat membuat seseorang menjadi lebih gelisah, mudah emosi dan tempramental.

Apabila kebutuhan air tidak mencukupi, sistem kerja organ dapat terganggu dan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Dalam sistem organ tubuh manusia, air befungsi untuk mengatur proses biokimia dan suhu tubuh, pembentuk sel dan organ, media transportasi zat gizi dan sisa metabolisme, serta pelumas sendi dan bantalan organ.

Penyakit lainnya yang dapat timbul ketika tubuh kekurangan air antara lain adalah konstipasi atau sulit buang air besar, gangguan ginjal akut, infeksi dan batu saluran kemih, sampai obesitas. Kekurangan air juga dapat menurunkan konsentrasi dan membuat tubuh merasa lelah. Selain itu, kekurangan cairan juga dapat membuat sistem imun terganggu, mengurangi kekuatan otot dan sendi.

Beberapa hal yang dapat terjadi apabila Anda kekurangan cairan tubuh adalah dapat terganggunya sistem imun, mengurangi kekuatan otot dan sendi. Air berfungsi untuk melembabkan kotoran di dalam tubuh termasuk pada sistem urine manusia. Kekurangan urin menyebabkan terbangunnya limbah pada tubuh, dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Akibatnya tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Comments

comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online