Alasan Mengapa Olahraga di Luar Ruangan Lebih Menyehatkan

Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih untuk berolahraga di dalam ruangan, seperti di gym dan pusat kebugaran lainnya. Memang tidak ada yang salah dengan berolahraga di gym, selain peralatan yang lengkap, berolahraga di dalam ruangan dirasa lebih nyaman karena terhindar dari terik matahari, udaranya juga sejuk karena menggunakan pendingin ruangan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda sesekali mencoba berolahraga di ruangan terbuka alias outdoor. Ternyata berolahraga di luar ruangan dapat memberi manfaat yang berbeda dibanding di dalam ruangan. Berikut ini beberapa alasan mengapa olahraga di luar ruangan lebih menyihatkan.

  1. Mendapat Vitamin D dari Sinar Matahari

Salah satu kelebihan dari berolahraga di luar ruangan adalah Anda akan terpapar sinar matahari langsung. Meskipun panas, sinar matahari terutama matahari pagi memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, seperti membantu proses penyerapan vitamin D, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbanyak produksi hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia, serta dapat membuat tidur pada malam hari menjadi lebih nyenyak. Anda disarankan untuk berolahraga pada pagi dan sore hari, karena sinar matahari pada waktu tersebut adalah yang paling baik.

  1. Membakar Lebih Banyak Kalori

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa berolahraga di luar ruangan dapat membakar kalori hingga 20 persen. Hal ini karena ketika berolahraga di luar ruangan, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energi ketika melewati jalanan yang tidak rata, melawan arus angin, dan ketika melakukan variasi gerakan.

  1. Lebih Efektif dalam Membentuk Otot

Salah satu olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan adalah olahraga lari. Dan berlari lebih baik dilakukan di luar ruangan daripada di dalam ruangan. Ini karena ketika berlari di atas treadmill, kaki akan terbawa ke belakang dengan sendirinya bersama dengan ban yang berjalan. Padahal gerakan tersebut seharusnya dilakukan oleh otot bokong tubuh atau glute. Itulah sebabnya mengapa berlari di atas treadmill kurang memberikan hasil maksimal. Berbeda dengan berlari di ruangan terbuka dapat meningkatkan kontrol dan keseimbangan neuromuskular.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Berolahraga di luar ruangan seperti di taman, sambil menikmati pemandangan sekitar dan menghirup udara segar dapat menyegarkan pikiran serta memperbaiki suasana hati. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang akan lebih merasa bersemangat berlari di luar ruangan ketimbang di atas treadmill. Selain itu, berolahraga di luar ruangan juga memicu tubuh untuk menghasilkan hormon endorfin, sehingga hormon stres akan berkurang dan mood pun membaik. Selain itu, berolahraga di luar ruangan juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan mental.

Itulah beberapa alasan mengapa berolahraga di luar ruangan lebih baik dan sehat untuk tubuh Anda. Jadi jangan ragu lagi untuk keluar rumah dan lakukan aktivitas outdoor yang mengasyikkan.

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:39:59+00:00 August 10th, 2018|Fakta Kesehatan, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online