Ayo Ikut Gerakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok selama satu hari penuh atau 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok. Sebanyak 5,4 juta jiwa meninggal setiap tahun nya karena kebiasaan merokok. Negara – negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini sejak tahun 1987.Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Dalam beberapa tahun terakhir, gerakan ini mendapat respon yang baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat. Di indonesia sendiri, Hari Tanpa Tembakau ini banyak di peringati oleh berbagai aktivis dari berbagai lembaga, para aktivis ini menyerukan agar tidak merokok dan menyerukan berbagai dampak negatif dari merokok. Merokok mempunyai dampak buruk bagi organ tubuh Anda, salah satunya berdampak negatif bagi organ paru – paru.

Mengapa Penting ?

Sekitar 80 – 90% kanker paru – paru disebabkan oleh merokok. Maka perpokok aktif adalah golongan yang paling berisiko. Perokok pasif adalah orang yang terkena pajanan asap rokok tapi tidak merokok secara langsung. Meski tidak merokok secara langsung, perokok pasif tetap berisiko terkena kanker paru-paru. Risiko perokok pasif terkena kanker paru – paru meningkat setidaknya 20 persen dibandingkan orang yang tidak terkena pajanan asap rokok. Merokok menyebabkan kanker paru – paru dengan cara merusak sel – sel yang melapisi paru – paru. Saat Anda menghirup asap rokok yang penuh dengan zat penyebab kanker (karsinogen), akan membuat perubahan jaringan paru – paru menjadi rusak. Awalnya tubuh Anda masih dapat menahan kerusakan ini, namun dengan setiap paparan berulang sel normal yang melapisi paru – paru lambat laun semakin rusak. Seiring berjalannya waktu, kerusakan dapat menyebabkan sel bertindak tidak normal dan akhirnya kanker semakin berkembang. Selain itu dua penyakit paru – paru lainnya akibat dari merokok adalah Bronkitis dan Emfisema.

Jenis Pemeriksaan

Autospirometri

Informasi penting

Persiapan : Tidak boleh merokok 3 jam sebelum pemeriksaan

Spesimen : Udara

Hasi : 2-3 hari

Biaya Tes Pemeriksaan

Harga dimulai dari Rp. 90.000

Jika Anda seorang perokok aktif cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker paru Рparu atau penyakit paru Рparu lainnya adalah dengan berhenti merokok. Jika Anda merasa kesehatan semakin memburuk dan menginginkan tes darah, lakukanlah pemeriksaan Autospirometri untuk mengetahui fungsi paru Рparu dan mengetahui adanya gangguan di paru Рparu serta saluran pernapasan anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan Autospirometri melalui Pesanlab, karena Pesanlab memiliki banyak keunggulan diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Comments

comments

By | 2017-06-13T01:06:18+00:00 May 29th, 2017|Fakta Kesehatan, Keluarga Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online