Bubur Kacang Hijau dan Manfaatnya

Tidak hanya enak, bubur kacang hijau yang sudah familiar di lidah orang Indonesia ini nyatanya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bubur kacang hijau merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah sangat familiar lidah masyarakat. Bahan dasarnya tentu saja kacang hijau, yaitu sejenis polong-polongan yang mengandung banyak sekali kandungan gizi. Makanan ini biasanya disajikan pada saat  sarapan atau sebagai camilan sore hari.

Para pakar gizi pun setuju dan mengatakan bahwa khasiat dan manfaat kacang hijau terbukti sangat baik untuk kesehatan saraf otak, hati, jantung, jaringan sel-sel darah, mata, dan organ tubuh lainnya. Kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada kacang hijau antara lain adalah vitamin A, C, B1, B2, protein, kalsium, asam folat, serat, karotenoid, potasium, magnesium, zinc, dan lainnya. Dengan kandungan gizi yang dimiliki oleh kacang hijau tersebut tersebut, maka tidak heran jika makanan ini memiliki banyak sekali manfaat, antara lain.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin A dan C, serta zat besi, fosfor, potasium, kalium, dan magnesium yang bermanfaat untuk kinerja pembuluh darah. Hal ini secara langsung dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam kacang hijau juga sangat tinggi, sehingga terbukti dapat secara aktif mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan nutrisi pada kacang hijau yang berupa omega 3, omega 6, dan zat besi telah terbukti bermanfaat dalam membantu mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan rutin mengonsumsi bubur kacang hijau maka akan membuat aliran darah yang lebih stabil dan kemudian akan berdampak pada stabilnya kinerja sel-sel jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Mengatasi Anemia

Kacang hijau memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak, oleh sebab itu, hal ini membuat bubur kacang hijau dapat membantu mengatasi anemia.=. Kandungan zat besi pada kacang hijau akan mencegah Anda dari anemia.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau juga dapat dirasakan oleh ibu hamil dan janinnya. Kandungan vitamin B yang lengkap bermanfaat dalam mengatur pembentukan sel-sel saraf bayi. Bagi ibu hamil sendiri, kandungan zat besi yang terdapat pada bubur kacang hijau dapat meningkatkan produktivitas sel-sel darah merah yang sebelumnya berkurang akibat dari proses kelahiran.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid di dalam kacang hijau dapat berfungsi untuk mencegah Degenerasi Makula atau penyakit penurunan kemampuan mata sebagai indra penglihatan. Tak hanya itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bermanfaat mencegah stres pada saraf dan otot bagian internal mata.

Apakah Anda masih ragu untuk mengonsumsi bubur kacang hijau? Kacang hijau memiliki kandungan zat besi yang paling tinggi dibanding jenis kacang-kacangan lain. Ini menjadikannya cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Terlebih jika Anda memiliki riwayat gangguan jantung dan kolesterol tinggi, Anda bisa menggunakan kacang hijau sebagai camilan sehat Anda. Tidak hanya menjaga pola makan, nyatanya Anda juga perlu memeriksakan secara rutin kesehatan Anda untuk tetap menjaga kesehatan. Anda dapat segera memesan pemeriksaan kesehatan di PesanLab, dapatkan juga promonya. Lebih hemat dan mudah dengan PesanLab!

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:51:32+00:00 July 10th, 2018|bubur kacang hijau, Fakta Kesehatan, Makanan Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online