Cara Atasi Pengapuran Tulang

Olahraga secara teratur dapat mengatasi pengapuran tulang yang berguna untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran.

Pengapuran tulang atau osteoarthritis biasa terjadi karena kurangnya kepadatan tulang. Osteoarthritis merupakan suatu kelainan sendi kronis karena adanya proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang dibarengi dengan pertumbuhan tulang dan adanya tulang rawan baru pada sendi. Osteoarthritis biasanya terjadi pada orang berusia lanjut. Osteoarthritis menandakan adanya suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu atau lebih sendi. Osteoarthritis menyebabkan kekakuan persendian dan menimbulkan rasa pegal-pegal dan nyeri. Osteothritis dapat menyebabkan sakit punggung bahkan dapat menurunkan berat badan.

Penyebab Pengapuran Tulang

  1.  Usia

Pengapuran tulang pada tubuh seseorang pada umumnya terjadi karena faktor bertambahnya usia. Dalam kebanyakan kasus, orang yang mengidap pengapuran tulang adalah wanita.

  1.  Cedera Sendi

Pengapuran tulang juga dapat terjadi karena disebabkan oleh cedera, bisa karena pekerjaan yang dilakukan seperti pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi juga bisa terjadi karena olahraga yang berlebihan, bahkan karena kecelakaan lalu-lintas.

  1.  Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat sendi-sendi penahan berat tubuh menopang beban berlebihan. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang terkena pengapuran tulang. Selain itu hal lain juga dapat menyebabkan pengapuran tulang adalah diabetes dan rematik.

Mengatasi Pengapuran Tulang

Apabila Anda mengalami pengapuran tulang, Anda perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih baik demi tetap menjaga tulang Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengapuran tulang.

  1. Olahraga

Olehraga secara teratur nyatanya dapat mengurangi risiko dan mengatasi pengapuran tulang. Olahraga berguna untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda dapat membuat sendi-sendi menjadi lebih stabil dan mengurangi tingkat pengapuran tulang. Yang perlu diingat adalah Anda jangan sampai melakukan olahraga secara berlebihan karena akan berdampak buruk pada pengapuran tulang.

  1. Mengurangi Berat Badan

Anda yang memiliki berat badan berlebih tentunya membuat sendi mengalami tekanan berlebih pula dan bisa memberi dampak negatif pada pengapuran tulang yang diidap. Solusi untuk mengatasi pengapuran tulang yang berhubungan dengan masalah kelebihan berat badan adalah dengan menurunkan berat badan.

  1. Kompres dengan Air Panas atau Dingin

Ketika pengapuran tulang yang terjadi menimbulkan rasa sakit, Anda bisa mengurangi rasa sakitnya dengan air panas atau air dingin. Kompres dengan air dingin bisa digunakan bila nyeri masih sangat akut, hal ini akan berguna untuk mengurangi bengkak dan peradangan. Sedang mengompresnya dengan air panas berguna untuk melemaskan otot dan mengurasi rasa nyeri.

  1. Memakai Obat Pereda Rasa Sakit

Anda bisa memanfaatkan pemakaian obat pereda rasa sakit seperti krim atau gel yang dengan mudah didapatkan di toko obat. Krim atau gel pereda rasa sakit dapat digunakan pada persendian di lutut dan jari-jari.

  1. Memakai Alat Bantu

Mungkin sebagian pengidap pengapuran tulang memang membutuhkan alat bantu untuk memudahkannya beraktivitas. Anda bisa berkonsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan alat bantu yang cocok dan Anda tetap merasa nyaman beraktivitas saat menggunakan alat bantu tersebut.

Tips di atas diharap dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah pengapuran tulang. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli terkait penyakit ini. Dan yang terpenting adalah selagi masih muda, Anda sebaiknya menjalankan gaya hidup, pola makan sehat, dan tetap menjaga kesehatan tulang.

Comments

comments

By | 2018-12-30T16:09:13+00:00 December 29th, 2017|Fakta Kesehatan, Gejala Penyakit, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online