Cara Sehat Atasi Diabetes

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, tapi bukan berarti diabetes tidak bisa diatasi. Diabates masuk ke dalam daftar penyakit mematikan di dunia, di mana tubuh tidak mampu memproduksi insulin, yaitu hormon pengatur gula darah.

Jangan remehkan kadar gula darah yang tinggi, kondisi ini merupakan biang keladi dari penyakit diabetes. Apabila dibiarkan berlarut-larut kondisi medis seperti ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Kadar gula darah normal berkisar pada 70-130 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 180mg/dL setelah makan. Kadar gula darah pada pengidap diabetes seringkali meroket biasanya karena beberapa faktor, seperti lupa atau tidak mengonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikkan insulin. Selain itu, kurang aktivitas fisik, mengalami stres, serta terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga dapat jadi  penyebab naiknya kadar gula darah.

Setiap orang berpotensi terkena diabetes namun orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes berisiko lebih besar. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai cara sehat atasi diabetes.

  1.  Selektif dalam memilih makanan

Tak ada salahnya memakan makanan favorit, namun Anda tetap harus selektif dalam memilih menu makanan, terlebih jika Anda mengidap diabetes. Bila perlu Anda berkonsultasi dengan dokter menu makanan seperti apa yang cocok jika Anda sedang diet diabetes. Pengidap diabetes boleh makan apapun dengan porsi yang sesuai. Salah satu cara agar tidak kelebihan kadar gula adalah dengan mengganti beras putih menjadi beras merah. Selain itu, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan digoreng dan hindari makanan tinggi kolesterol. Anda disarankan untuk memasak sendiri menu makanan Anda agar kandungan yang terkandung dalam makanan dapat dikontrol kesehatannya.

  1.  Berolahraga secara teratur

Kunci lainnya agar tetap sehat meski mengidap diabetes adalah dengan menjaga kesehatan fisik. Olahraga dibutuhkan untuk pengidap diabetes dan merupakan salah satu upaya untuk menjalani gaya hidup sehat. Untuk Anda yang mencegah diabetes, sebaiknya berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari. Namun, apabila sudah terkena diabetes bicarakan dulu dengan dokter kapan waktu yang tepat untuk berolahraga, serta olahraga apa yang sebaiknya dilakukan.

  1. Menghindari luka

Pengidap diabetes memang rentan terhadap luka. Seseorang yang mengidap diabetes umumnya akan sulit untuk sembuh ketika mengalami luka, bahkan pada kasus yang parah bisa menyebabkan amputasi. Oleh karena itu, selalu hindari luka dan infeksi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alas kaki yang nyaman dan selalu berhati-hati agar tidak terluka.

Salah satu cara agar tetap mengonsumsi makanan ramah diabetes adalah dengan memasak sendiri makanan yang dingin dikonsumsi, agar bahan dan kandungannya tetap terjaga kesehatannya.

  1. Rutin memeriksa kadar gula darah

Bagi Anda yang sudah mengidap, sedang berusaha mencegah diabetes, atau Anda termasuk orang yang berisiko tinggi terkena diabetes karena riwayat keluarga, sangat disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan gula darah. Selain mendatangi rumah sakit, Anda sekarang juga dapat langsung memesan pemeriksaan kadar gula darah melalui PesanLab. Anda hanya perlu mengunjungi website PesanLab, lalu dapatkan promo untuk pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Dengan pemeriksaan darah secara rutin, Anda dapat mengetahui kadar gula darah dan dapat lebih bisa mengatur pola makan dengan lebih baik.

Diabetes yang tidak diatasi secara benar dapat menyebabkan komplikasi pada mata dan kulit, hipertensi yang berakibat stroke serta masalah jantung, hingga osteoporosis. Oleh karena pengidap diabetes harus selalu menjaga kadar gula darah agar tidak terjadi komplikasi. Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, tapi selalu ada cara untuk tetap sehat meskipun Anda mengidap diabetes. Kuncinya adalah selalu menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat.

Comments

comments

By | 2018-12-30T16:38:56+00:00 October 14th, 2018|Keluarga Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online