Gejala Awal Kanker Paru-paru dan Cara Mencegahnya

Perokok yang sudah merokok selama puluhan tahun berisiko tinggi akan terkena kanker paru-paru.

Terdapat beramacam-macam jenis kanker, dan kanker paru-paru merupakan salah satu kanker yang paling banyak menyerang orang Indonesia. Sekitar lebih dari 20 persen penderita kanker di Indonesia merupakan penderita kanker paru. Kanker ini juga disebut menjadi penyebab kematian nomor satu bagi laki-laki di Indonesia. Mengutip CNN Indonesia, Satuan Pencegahan Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker paru-paru adalah mereka yang memiliki riwayat merokok selama 30 tahun, berusia 55 hingga 80 tahun, dan merokok dalam 15 tahun terakhir. Kendati demikian, kanker paru-paru bisa menyerang siapa saja.

Umumnya, kanker paru-paru tidak memiliki gejala awal yang nyata. Banyak dari pasien kanker paru-paru didiagnosis terkena kanker ketika sudah memasuki stadium lanjut. Namun, beberapa gejala awal ini patut diwaspadai dan harus mendapatkan penanganan dari dokter. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa gejala awal kanker paru-paru.

  1. Batuk

Anda perlu waspada ketika mengalami batuk-batuk yang tak kunjung berhenti selama lebih dari dua minggu. Batuk apalagi yang terus menerus merupakan penanda adanya masalah terhadap paru-paru. Terutama bagi perokok, Anda perlu lebih memerhatikan perubahan batuk kronis yang terjadi. Perubahan ini bisa berupa munculnya dahak, kering, lebih dalam dan serak.

  1. Sakit di area dada

Kanker dapat menyebabkan sakit dan nyeri yang tajam dan konstan di bagian dada, bahu, dan/atau punggung. Rasa sakit ini muncul karena kanekr menyerang dada hingga ke tulang rusuk.

  1. Suara yang berasal dari dada

Ketika sel kanker menyumbat saluran pernapasan, paru-paru akan mengeluarkan suara saat bernapas. Kondisi seperti ini bisa juga disebut dengan mengi atau bengek.

  1. Perubahan pernapasan

Napas berubah menjadi lebih pendek dan seringkali mengalami sesak napas. Ini terjadi karena blok kanker menutup jalannya pernapasan.

  1. Suara serak

Anda patut mewaspadai perubahan suara yang signifikan dan terjadi lebih dari dua minggu. Sel kanker dapat mempengaruhi saraf yang mengendalikan kotak suara.

  1. Penurunan berat badan

Menurunnya berat badan secara drastis bisa menjadi salah satu ciri sel kanker mengganas. Hal ini diakibarkan karena sel kanker memakan energi tubuh.

  1. Sakit tulang

Sel kanker paru-paru nyatanya dapat menyebar ke tulang di area punggung dan lainnya. Rasa sakit biasanya memburuk saat istirahat di malam hari.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepada bisa jadi pertanda kanker telah menyebar ke otak. Selain itu, sakit kepala juga bisa muncul karena ada tekanan darah yang dari paru-paru karena sel kanker.

Cara Mencegah Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya.

  1. Hindari Rokok

Cara paling utama untuk mencegah kanker paru-paru adalah dengan tidak merokok. Anda juga perlu menghindari agar tidak menjadi perokok pasif jika lingkungan Anda dipenuhi dengan perokok aktif. Bagi para perokok aktif, Anda sangat disarankan untuk berhenti merokok sekarang juga. Meski sudah bertahun-tahun merokok, langkah ini tetap akan bermanfaat dan bisa mengurangi risiko terserang kanker paru-paru.

  1. Konsumsi makanan sehat

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dan tinggi serat. Buah dan sayuran sebaiknya menjadi menu utama sehari-hari. Hindari mengonsumsi terlalu banyak vitamin dalam bentuk pil atau tablet karena obat-obatan semacam itu juga memiliki efek samping bagi tubuh.

3.Berolahraga secara teratur

Usahakanlah untuk berolahraga secara teratur. Untuk Anda yang jarang sekali berolahraga, mulailah rutinitas ini secara bertahap. Bagi orang dewasa dianjurkan berolahraga setidaknya selama 2-3 jam dalam satu minggu.

Comments

comments

By | 2018-12-30T15:54:18+00:00 January 26th, 2018|Fakta Kesehatan, Gejala Penyakit|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online