Ikan: Alternatif Makanan Sehat Pengganti Daging dan Ayam

Daging sapi, kambing, dan ayam memang banyak peminatnya. Bahkan seseorang seringkali menanyantap makanan tersebut sebagai menu sehari hari. Namun, ada kalanya Anda merasa bosen memakan jenis daging tersebut. Bagi Anda yang merasa bosan, dapat mencoba jenis makanan lain bergizi yang dapat Anda coba. Salah satu yang paling sehat yang bisa Anda jadikan menu harian adalah ikan. Ikan yang kaya akan protein baik untuk kesehatan tubuh. Beda ikan, beda pula kandungan gizi dan nutrisinya. Tidak hanya itu, cara mengolahnya pun berbeda-beda. Berikut beberapa jenis ikan pengganti daging dan ayam untuk dikonsumsi.

  1.   Lele

Ikan lele yang biasanya dijadikan menu pecel lele lengkap dengan tahu, tempe, dan lalapannya, memang memiliki banyak penggemar. Yang perlu diketahui adalah lele termasuk ikan yang menyehatkan. Ikan ini termasuk rendah kalori dan lemak. Di dalam 100 g ikan lele hanya terkandung sekitar 122 kalori dan 6,1 kg lemak.

Ikan lele juga ternyata mengandung merkuri yang rendah, tidak seperti makanan laut lainnya. Anda perlu tahu bahwa penumpukan merkuri di dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menimbulkan rentetan masalah kesehatan, seperti kerusakan saraf terutama pada bayi dan anak-anak.

Biasanya cara mengolah ikan lele dalah dengan digoreng. Selain itu dapat juga diolah dengan cara dibakar atau dipanggang, dan direbus untuk dijadikan sup. Agar nutrisinya makin beragam, kombinasikan menu ini dengan lauk-pauk lainnya.

  1. Salmon

Jenis ikan satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain adalah baik untuk kesehatan jantung dan bisa meningkatkan perkembangan otak. Salmon kaya akan serat, protein, dan omega-3 (DHA dan EPA). Omega-3 inilah yang bisa membantu perkembangan otak, saraf, dan menjaga kesehatan mata.

Menurut para ahli, rutin mengonsumsi salmon dapat membantu mengobati radang sendi. Kandungan protein yang disebut dengan peptide biokatif memegang peranan penting dalam proses ini. Protein jenis ini terbukti dapat mengatur, menstabilkan, dan meningkatkan sintesis kolagen pada tulang rawan osteoartritik. Protein pada ikan salmon pun disebut dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Salmon tidak hanya bermanfaat bagi kesehatanfisik. Ikan yang kaya akna vitamin D ini nyatanya juga dapat mengurangi risiko depresi dan menyehatkan fungsi otak dan sistem saraf. Menurut penelitian, mengonsumsi salmon secara teratur pada orang tua dapat mengurangi risiko depresi dan penurunan kognitif. Selain itu, salmon juga mampu melindungi tubuh dari masalah stroke, jantung, dan tekanan darah tinggi.

  1. Tuna

Ikan satu ini kaya akan nutrisi. Bebereapa di antaranya adalah mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, kalium, dan selenium, serta kaya vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3. Ikan tuna dipercaya dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega 3-nya dapat meminimalisir risiko terkena degenerasi makula, atau memburuknya penglihatan akibat hilangnya penglihatan sentral. Degenerasi makula ini merupakan penyebab utama kebutaan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun. Kandungan ini juga dapat melindungi mata dari sindrom mata kering.

Selain itu, ikan tuna juga dapat membantu melindungi jantung. Rutin mengonsumsi ikan tuna dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini karena asam lemak omega 3-nya dapat membantu mengurangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Cara mengolahnya yang umum adalah dengan cara digoreng, direbus, atau dibakar. Anda bisa membuatnya menjadi sup, fillet, ikan tuna goreng tepung, dan masih banyak lagi.

 

Setelah tahu manfaat beberapa jenis ikan di atas, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi ikan ya, sahabat sehat. Selain itu, rutin lah memeriksakan kesehatan Anda di PesanLab, serta dapatkan promo pemeriksaan kesehatan yang banyak jenisnya. Lebih hemat dan mudah dengan PesanLab!

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:48:00+00:00 July 18th, 2018|Makanan Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online