Jangan Sepelekan, Kenali 5 Gejala Tukak Lambung

Mengalami gangguan pada sistem pencernaan tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi kalau masalah pencernaan ini sampai mengganggu kegiatan sehari-hari yang dapat membuat makan menjadi tidak enak dan Anda tidak dapat beraktivitas dengan baik sebagaimana mestinya. Biasanya, penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan ini adalah maag dan tukak lambung.

Kali ini PesanLab akan menjelaskan gejala-gejala yang terjadi apabila Anda terkena tukak lambung. Tukak lambung sendiri adalah peradangan atau luka yang terjadi pada bagian perut dan bagian pertama dari usus dua belas jari, yaitu membran usus. Terjadinya luka ini adalah bagian membran usus dan perut tertusuk hingga mengenai jaringan yang berada di bagian yang lebih dalam. Biasanya luka pada perut berjumlah sampai empat kali lebih banyak dari luka pada usus. Tukak lambung umumnya terjadi pada orang tua, dan seringkali terlambat ditangani hingga telah memasuki tingkat yang lebih parah dan akut. Maka, penting untuk mengetahui gejala penyakit ini, agar Anda bisa segera mendapatkan penanganan dan mencegah terjadi komplikasi. Simak beberapa penjelasan PesanLab mengenai gejala tukak lambung.

  1. Rasa nyeri pada perut

Gejala tukak lambung yang sering terjadi adalah adanya rasa nyeri pada perut. Biasanya rasa sakit ini terjadi di daerah sekitar pusar hingga tulang dada. Rasa sakit ini akan memburuk pada malam hari, ketika perut dalam keadaan kosong alias tidak terisi. Apabila ini terjadi, mengonsumsi makanan tertentu dapat meredakan rasa sakit yang dialami. Rasa nyeri pada perut ini pun tidak terjadi setiap hari, tapi berselang-seling. Rasa sakit akan mereda dan kemudian muncul kembali. Biasanya, rasa sakit ini terasa cenderung tajam dan menusuk.

  1. Perubahan warna feses

Warna kotoran dapat mengindikasikan adanya masalah serius pada bagian saluran pencernaan. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengalami tukak lambung. Meskipun begitu, deteksi ini baru bisa dilakukan setelah tukak lambung masuk pada tahap yang lebih serius. Biasanya, warna kotoran pengidap tukak lambung lebih gelap dan terkadang bercampur dengan darah.

  1. Munculnya Rasa Mual dan Muntah

Memang ada banyak jenis penyakit yang memiliki gejala mual dan muntah, seperti masuk angin. Namun maag dan tukak lambung memiliki gejala yang sama. Kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan cairan yang berada dalam lambung. Dalam kondisi akut, pengidap tukak lambung dapat mengalami muntah darah apabila tidak segera ditangani. Jadi jangan pernah sepelekan jika Anda terus-menerus mual dan muntah meski perut dalam keadaan kosong.

  1. Nafsu Makan yang Mengalami Perubahan

Ketika mengalami tukak lambung, salah satu hal yang mungkin paling cepat dapat Anda rasakan adalah perubahan nafsu makan. Anda akan merasa lebih cepat kenyang, tetapi beberapa saat kemudian Anda bisa jadi lapar kembali. Ketika mengalami tukak lambung, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh terbilang tidak banyak. Kondisi ini juga karena rasa tidak nyaman pada perut yang membuat Anda akan kehilangan selera makan.

  1. Berat Badan Menurun

Ketika kehilangan nafsu makan dan mual terus-menerus, tentunya akan berpengaruh pada tubuh Anda. Hal ini akan membuat berat badan mengalami penurunan. Munculnya rasa nyeri pada perut membuat Anda tidak berselera ketika makan. Akibatnya, Anda menjadi malas makan dan kondisi ini dapat memperparah gejala tukak lambung yang Anda alami. Meski terasa tidak nyaman dan sulit, Anda sebaiknya tetap mengusahakan agar tetap makan.

 

Apabila Anda mengalami gejala-gejala di atas, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar masalah pencernaan dapat segera diatasi sebelum menjadi semakin parah dan menimbulkan komplikasi lain.

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:18:45+00:00 November 12th, 2018|Gejala Penyakit|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online