Kenali Hipertensi Dan Cara Pencegahannya

Kenali hipertensi sebagai langkah awal menggapai kesehatan prima Anda. Ada yang sudah tahu apa itu hipertensi ? Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah tinggi dan kemudian dapat saja menimbulkan penyakit lain seperti penyakit jantung. Sedangkan tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong melawan dinding arteri, dari jantung yang memompa darah melalui arteri. Tekanan darah yang terlalu tinggi inilah yang kemudian akan mengganggu sirkulasi darah, maka dari itu kenali hipertensi dari sekarang.

Timbulnya hipertensi pada seseorang, pada dasarnya memiliki banyak faktor pendukung seperti pola hidup yang buruk, dan tidak pernah memperhatikan kesehatan serta kondisi tubuh. Hal itulah, yang dapat saja menjadi pemicu timbulnya hipertensi. Perlu diketahui, penyakit hipertensi tidak hanya menyerang orang tua saja melainkan juga remaja baik laki – laki maupun perempuan, dapat saja terserang penyakit ini maka tak heran jika disarankan untuk kenali hipertensi secara mendalam.

Siapa saja yang berisiko terkena hipertensi ?

Berdasarkan tolak ukur tekanan darah, seseorang yang memiliki tekanan darah antara 120 / 80mmHg dan 140 / 90mmHg dapat berarti memiliki risiko mengalami tekanan darah tinggi. Risiko ini akan meningkat terutama jika seseorang memiliki angka di tekanan darah tersebut tidak melakukan langkah – langkah untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah.

Beberapa kondisi dibawah ini dapat memperbesar risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi :

  • Memiliki usia diatas 65 tahun
  • Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas
  • Memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit hipertensi
  • Mengalami sulit tidur
  • Jarang melakukan olahraga
  • Sering mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda

Bagaimana cara pencegahannya ?

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, agar dapat mencegah terjadinya hipertensi, diantaranya :

  • Rutin berolahraga
    Berolahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berolahraga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti dapat mengurangi stres, menambah kecerdasan otak, memberikan energi tubuh, memompa jantung menjadi lebih baik, dan lain – lainnya.
  • Hindari minuman beralkohol
    Minuman beralkohol atau terkadang disingkat minol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol sendiri merupakan bahan psikoaktif dan ketika kita mengonsumsinya maka dapat menurunkan tingkat kesadaran. Selain itu akibat dari kita sering mengonsumsi minuman alkohol, yaitu dapat meningkatkan risiko menderita penyakit pneumonia / paru – paru, menambah depresi, meningkatkan risiko kemandulan khususnya pada Ibu hamil, menimbulkan penyakit hati, dll.

 

  • Tidak merokok
    Pada dasarnya sering merokok memang tidak langsung menyebabkan tekanan darah tinggi, melainkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Kemudian pada penderita hipertensi, apabila sering merokok maka berisiko terdapat penyempitan pembuluh nadi atau arteri lebih cepat.
  • Mengurangi mengonsumsi minuman berkafein
    Minuman berkafein di dapat dari minuman kopi, teh, dan minuman soda. Minuman tersebut apabila sering dikonsumsi maka dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu dapat juga mempercepat kerusakan tulang, mempengaruhi kesehatan jantung, menimbulkan gangguan – gangguan gula darah, dll.
  • Memperhatikan berat badan
    Memiliki berat badan yang berlebih juga memiliki peluang terjadinya hipertensi, hal ini dikarenakan jantung kita menjadi bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi.
  • Melakukan program diet
    Diet ini dilakukan agar mendapatkan tubuh yang sehat, dan cara yang tepat yaitu dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebih. Alangkah lebih baik jika lebih rutin mengonsumsi buah dan sayur, karena itu lebih menyehatkan.

 

Jika Anda merasa memiliki risiko penyakit hipertensi, maka mulailah merubah pola hidup Anda. Dan bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan Medical Checkup atau mungkin jika Anda ingin melakukan tes darah contohnya seperti Pemeriksaan Paket Tes Risiko Penyakit Jantung, cobalah untuk melakukan pemeriksaan melalui Pesanlab. Dan tak lupa nikmati potongan menarik dengan memasukan kode promo “HEMAT” dari kami. Lakukan selalu pemeriksaan melalui Pesanlab, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Pesanlab diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan !

Comments

comments

By | 2017-06-15T15:35:30+00:00 June 15th, 2017|Fakta Kesehatan, Keluarga Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online