Kolesterol Tinggi Tak Hanya Dipengaruhi Oleh Makanan

kolesterol tinggi

Kurang tidur nyatanya tidak hanya membuat seseorang mengantuk sepanjang hari, tapi juga dapat memicu kolesterol tinggi.

Hingga saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa hanya mereka yang bertubuh gemuk saja yang berisiko memiliki kolesterol tinggi. Adanya anggapan ini disebabkan karena orang gemuk mengonsumsi lemak berlebih yang akhirnya meningkatkan kolesterol jahat. Namun faktanya, kadar kolesterol tidak semata-mata hanya dipengaruhi oleh konsumsi makanan berlemak. Faktor pikiran dan tingkat stres seseorang juga ikut menyumbang peningkatan kolesterol jahat.

Umumnya, hanya sepertiga kadar kolesterol yang dipengaruhi oleh makanan, dua pertiganya lagi dipengaruhi oleh pikiran. Ketika seseorang mengalami stres, otak akan memproduksi kadar kortisol yang dapat menaikkan kadar kolesterol dengan cepat. Maka tidak heran apabila seseorang yang kurus juga berisiko memiliki kadar kolesterol tinggi, dan sebaliknya, orang gemuk belum tentu memiliki kadar kolesterol tinggi.

Untuk mencegah hal ini, Anda tetap harus menjaga pikiran dan menghindari stres, salah satunya adalah dengan melakukan hal-hal menyenangkan, serta tetap menjaga kesehatan dan tidak melakukan faktor-faktor yang dapat memicu kolesterol. Ada beberapa gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, seperti sembarangan mengonsumsi makanan, kurang berolahraga, serta kebiasaan merokok.

Kurang Tidur Picu Kolesterol Tinggi

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur bisa berbahaya untuk kesehatan Anda. Tidak hanya membuat mood seseorang menjadi buruk dan menimbulkan rasa lelah mengantuk, kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah lain. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Helsinki, gen yang berperan dalam perpindahan kolesterol bergerak tidak aktif pada orang yang kurang tidur. Hal ini akan memengaruhi metabolisme kolesterol dan akan merugikan pembuluh darah dalam tubuh. Tidak butuh waktu lama, hanya dalam satu minggu saja, kurang tidur dapat mengubah kekebalan tubuh dan metabolisme kolesterol Anda. Orang yang kurang tidur memiliki jumlah kolesterol baik (HDL) yang lebih sedikit dibanding yang cukup tidur.

Hal ini juga mengungkapkan fakta bahwa ada kemungkinan peningkatan risiko yang lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular. Para peneliti mengungkapkan bahwa tidur yang cukup juga harus menjadi perhatian banyak orang untuk menjaga kesehatan, bukan hanya makan sehat dan olahraga.

Langkah Mudah Turunkan Kolesterol

Pengendalian kolesterol tentu saja dapat dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, mengurangi konsumsi makanan berlemak, berhenti merokok, dan olahraga secara teratur. Anda tidak butuh olahraga dalam waktu terlalu lama, cukup 30 menit sehari untuk berolahraga agar terhindar dari masalah kolesterol.

Beberapa olahraga yang cocok untuk menurunkan kolesterol antara lain berjalan kaki, bersepeda, dan berenang. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi berat badan. Kendati tidak semua orang gemuk memiliki kolesterol tinggi, atau orang kurus tidak berpotensi punya masalah kolesterol, ada baiknya jaga berat badan Anda dalam ukuran normal.  Selain itu, Anda juga perlu memeriksakan kadar kolesterol Anda secara rutin demi pencegahan penyakit sedini mungkin. Anda dapat melakukan pemeriksaan kadar kolesterol melalui PesanLab. Lebih mudah dan hemat dengan PesanLab!

Comments

comments

By | 2018-03-13T15:16:04+00:00 March 4th, 2018|Gejala Penyakit, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online