Makanan Tepat Saat Tamu Bulanan Datang

Ketika menstruasi, seorang wanita perlu memerhatikan asupan makanannya demi mengurangi nyeri selama haid. Salah satu yang baik untuk dikonsumsi adalah pisang.

Ketika tamu bulanan datang, biasanya wanita cenderung memilih makanan manis atau asin untuk dijadikan camilan. Ketika menstruasi juga sejumlah wanita akan merasa kelelahan dan kondisi badan kurang fit sehingga enggan untuk melakukan aktivitas. Belum lagi jika merasakan nyeri dan kram perut di hari pertama dan kedua, hal ini bisa membuat seorang wanita menjadi lebih emosional. Perubahaan hormon yang terjadi naik turun tersebut membuat kebutuhan gizi wanita selama menstruasi menjadi berubah-ubah. Oleh karena itu, sebaiknya saat menstruasi perhatikan asupan yang tepat dan sehat.

Makanan yang baik saat sedang datang bulan

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber terbaik untuk memperoleh potasium. Buah ini juga kaya akan vitamin B6, dapat membantu melancarkan BAB, dan mengatasi perut kembung. Kandungan kalium dari pisang juga membantu mengatur tekanan darah dan mengirim oksigen ke otak yang berguna untuk menjaga mood Anda tetap stabil.

  1.  Yogurt

Ketika sedang menstruasi, Anda perlu meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D agar dapat membantu mengurangi gejala PMS. Yogurt merupakan salah satu santapan yang tepat. Selain dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, yogurt juga meringankan masalah perut saat menstruasi.

  1. Ikan salmon dan tuna

Kedua jenis ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih lagi ketika sedang haid. Hal ini karena ikan salmon dan tuna memiliki asam lemak omega 3 yang tak hanya baik untuk jantung, tapi juga terbukti membantu mengurangi ketegangan otot perut selama menstruasi.

  1. Daging merah

Tingkat zat besi tubuh yang menurun ketika menstruasi dapat menyebabkan Anda merasa lesu. Maka, konsumsilah daging merah disertai dengan sayur-sayuran seperti bayam, kacang-kacangan, dan brokoli untuk membantu meningkatkan energi dan mengatur aliran darah menstruasi.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate yang tinggi antioksidan dan magnesium dapat membantu meredakan kram dan perubahan mood. Dark chocolate juga dapat merangsang produksi endorfin, atau dikenal sebagai ‘hormon bahagia’ yang dapat membuat Anda tetap tenang dan ceria.

Makanan yang sebaiknya dihindari

Ketika sedang haid, akan ada berbagai masalah yang menghampiri perempuan, seperti kram perut atau dismenore, rasa nyeri pada payudara, perut kembung, hingga suasana hati yang tak menentu. Untuk itu, Anda sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan selama menstruasi demi menghindari efek yang malah akan menambah nyeri. Dengan memilih makanan yang akan dikonsumsi beberapa gangguan haid bisa dikurangi. Berikut empat jenis makanan yang sebaiknya dihindari ketika datang bulan.

  1. Makanan dan minuman berkafein

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda dapat memperburuk gejala kecemasan, depresi, dan nyeri payudara selama menstruasi. Membatasi konsumsi makanan dan minuman berkafein dapat meringankan gejala menstruasi. Anda juga dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi teh herbal dan air putih hangat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  1. Makanan bergula tinggi

Ketika sedang menstruasi, akan terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi tidak stabil, sehingga keinginan untuk memakan makanan manis terus bertambah. Mengonsumsi makanan dengan gula tinggi dapat berpengaruh pada fluktuasi gula darah yang berakibat pada perubahan suasana hati atau mood swings. Dibandingkan mengonsumsi makanan manis, sebaiknya memakan buah yang kata serat atau yogurt rendah lemak.

  1. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak memiliki pengaruh pada aktivitas hormon dalam tubuh. Perubahan aktivitas hormon saat menstruasi selalu beriringan dengan nyeri payudara dan kembung. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak, seperti buah dan sayuran, biji-bijian, serta potongan daging tanpa lemak. Jenis makanan ini disebut dapat membantu mengurangi kadar estrogen yang berlebih.

Comments

comments

By | 2018-12-30T15:27:29+00:00 March 24th, 2018|Fakta Kesehatan, Makanan Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online