Makanan yang Harus Dihindari Saat Terkena Diare

Susu merupakan salah satu makanan yang harus dihindari ketika terkena diare, karena susu mengandung laktosa yang merupakan penyebab umum diare.

Ketika terkena diare, seseorang biasanya akan menyesali apa yang mereka konsumsi sebelumnya. Diare dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Saat diare menyerang, Anda akan merasa mulas, diikuti dorongan kuat untuk buang air besar (BAB), kemudian mencret. Kondisi seperti ini bisa bertahan selama berhari-hari, bahkan hingga hitungan minggu. Sakit perut dan berulang kali buang air besar membuat tubuh menjadi lemah dan lelah dan tentu saja dapat mengganggu aktivitas harian Anda.

Diare dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal, namun yang paling sering terjadi disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kita lakukan, seperti memakan makanan yang tidak bersih, kebiasaan tidak mencuci tangan bahkan ketika hendak makan. Ini karena pada umumnya diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Hal ini dapat menyebabkan infeksi usus sehingga pada akhirnya Anda terserang diare. Selain itu, diare juga dapat timbul karena faktor lain seperti efek samping obat-obat tertentu, faktor psikologi seperti perasaan gelisah dan stres, serta konsumsi kopi dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Pengobatan Diare

Diare yang sudah parah dapat berujung kepada dehidrasi. Dehidrasi tersebut juga memiliki efek fatal yang bahkan berpotensi merenggut nyawa penderita, terutama apabila anak-anak yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan ketahanan tubuh anak-anak terhadap dehidrasi jauh lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya dehidrasi, penderita disarankan untuk meminum banyak cairan selama diare masih berlangsung. Oralit bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghindari dehidrasi ketika terkena diare. Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat atau yang ingin bepergian jauh, Anda disarankan untuk mengonsumsi obat antidiare. Namun obat antidiare ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Terkena Diare

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diare menjadi lebih buruk adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Namun apabila Anda tak mau penyakit ini bertambah parah dan berlarut-larut, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi makanan tertentu. Merangkum berbagai sumber, berikut makanan yang harus dihindari saat terkena diare.

  1. Produk Susu

Produk susu dapat memicu diare Anda menjadi semakin buruk. Ketika diare, Anda sangat disarankan untuk berhenti mengonsumsi semua produk susu agar diare Anda terkendali. Ini karena salah satu jenis makanan dan minuman yang paling umum dapat menjadi penyebab diare kronis adalah makanan dan minuman yang mengandung laktosa. Laktosa ini sendiri terkandung dalam setiap produk susu.

  1. Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot perut, sehingga menyebabkan diare makin parah. Ini karena makanan-makanan tersebut dapat memperlambat pengosongan lambung yang akan membuat Anda merasa kembung.

  1. Alkohol dan Kafein

Baik alkohol maupun kafein, keduanya dapat menyebabkan Anda mencret. Jika Anda terbiasa minum kopi di pagi atau malam hari, sebaiknya berhenti untuk sementara waktu agar tidak memperburuk diare.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Serat sangat baik bagi tubuh dan harus selalu ada dalam menu makanan Anda. Namun ketika Anda terserang diare, Anda sebaiknya membatasi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan gandum utuh, karena makanan ini  akan sulit dicerna saat Anda sedang diare.

Selain menghindari menyantap makanan-makanan di atas, Anda disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu saat terserang diare. Antara lain makanannya adalah pisang, kentang, saus apel, nasi, sup, bubur, roti, serta pretzels.

Pada umumnya, sebagian besar penderita diare akan sembuh setelah beberapa hari tanpa perlu melakukan pengobatan. Pada orang dewasa, diare biasanya akan sembuh setelah 2-4 hari. Sedangkan pada anak-anak, diare biasanya berlangsung antara 5-7 hari. Jika Anda mengalami diare yang parah, berkelanjutan, atau jika Anda mulai mengalami tanda-tanda dehidrasi, segera lah periksakan diri Anda ke dokter.

Comments

comments

By | 2018-12-30T16:17:09+00:00 December 5th, 2017|Gejala Penyakit, Makanan Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online