Manfaat Membacakan Buku Cerita pada Anak

Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Ini sedikit banyak memengaruhi cara seseorang hidup, termasuk cara orang tua mengajarkan anaknya hal-hal baru. Banyak para orang tua yang sudah mulai meninggalkan kebiasaan membacakan buku cerita untuk anaknya dan lebih memilih membelikan sang buah hati gadget-gadget yang canggih. Padahal membacakan buku cerita pada anak ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Membacakan buku cerita biasanya dilakukan ketika anak menjelang tidur. Tidak hanya menghibur, kebiasaan ini juga punya banyak manfaat untuk anak. Menggunakan gadget untuk menenangkan dan menghibur anak nyatanya tidak lebih bermanfaat ketimbang dongeng yang orang tua ceritakan kepada anaknya sebelum mereka tidur. Karena dongeng yang diceritakan secara langsung memiliki kelebihan tersendiri. Kebiasaan membacakan buku cerita ini sebaiknya mulai sejak anak masih bayi sampai balita. Sayangnya, masih sedikit orang tua yang melakukan kebiasaan ini untuk si kecil.

Memang benar bahwa bayi belum bisa mengerti kata-kata sang orang tua, akan tetapi kemampuan si kecil untuk mendengar dan mengenali suara-suara orang dapat dirangsang ketika ia mendengar sang ibu bercerita. Berikut ini beberapa manfaat dari membacakan buku cerita pada anak.

  1. Melatih Daya Ingat

Untuk dapat melatih daya ingat ini, orang tua dapat menggunakan trik bertanya kepada anak. Di tengah-tengah bercerita, Anda dapat tiba-tiba bertanya kepada si kecil tentang dongeng yang telah Anda ceritakan. Hal ini dapat membantu merangsang dan melatih daya ingat sang anak. Anda juga dapat menanyakannya kembali isi cerita dongeng tersebut keesokkan harinya.

  1. Mengembangkan Imajinasi Anak

Dunia anak-anak adalah dunia bermain yang diwarnai dengan imajinasi dan kreativitas. Namun, masing-masing anak memiliki tingkat perkembangan imajinasi yang berbeda-beda. Para orang tua dapat mengasah daya imajinasi sang buah hati dengan membacakan cerita untuknya secara rutin, sehingga sang anak dapat lebih menggunakan imajinasinya ketika Anda bercerita. Kebiasaan seperti ini akan memicu mereka tubuh tumbuh menjadi anak yang imajinatif dan kreatif. Bacakanlah cerita dengan menggunakan intonasi yang tidak monoton dan gerakan tangan agar anak dapat membayangkan seperti apa gambaran cerita tersebut di dalam pikirannya.  

  1.  Mengenalkan Hal-hal Baru

Buku cerita anak-anak biasanya memiliki gambar-gambar dengan warna yang menarik. Ketika bercerita, Anda bisa sambil memperkenalkan dan mengajarkan kepadanya hal-hal baru yang ada di dalam buku cerita tersebut, seperti huruf, angka, bentuk, warna,, dan lain-lain.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Penulis buku Baby Read-Aloud Basics, Caroline Blakemore, mengatakan bahwa membacakan cerita pada anak dapat merangsang kemampuan berbahasanya. Ketika Anda membacakan buku cerita, sang anak akan mengamati dan belajar macam-macam kosakata baru yang belum pernah ia tahu sebelumnya. Hal ini akan memicu kemampuan berbahasa sang anak dan ia bisa menggunakan kosakata baru tersebut untuk mengungkapkan sesuatu dengan lebih tepat. Biasanya, anak perempuan akan memiliki fokus yang lebih tinggi ketika mendengar cerita dibanding dengan anak laki-laki, sehingga anak perempuan akan lebih cepat mendapat informasi dan merasakan manfaat ini.

  1. Meningkatkan Minat Baca Anak

Dengan membacakan buku cerita kepada anak sejak kecil, sang orang tua secara tidak langsung akan mengajarkan kebiasaan membaca dan dapat meningkatkan minat bacanya. Si kecil akan mulai ketagihan untuk mendengarkan cerita-cerita menarik lainnya dari ibu dan akan dengan sendirinya tertarik untuk membaca buku.

Setelah mengetahui manfaat di atas, para orang tua sebaiknya mulai rutin membacakan buku cerita pada anak. Sekarang ini sudah banyak beredar beragam buku cerita anak yang juga memiliki banyak pelajaran dan pesan moral. Para orang tua disarankan untuk membacakan buku cerita secara langsung dari mulut, jangan dengan menggunakan perantara teknologi seperti audiobook, karena dengan membacakan dongeng secara langsung, orang tua dapat lebih berinteraksi dengan anak.

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:32:26+00:00 September 5th, 2018|Keluarga Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online