Mendengarkan Musik dapat Memengaruhi Mood

Kebanyakan orang hobi mendengarkan lagu-lagu favoritnya setiap saat, terutama ketika mengalami hari-hari yang berat. Mendengarkan musik konon dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Namun faktanya, musik tidak hanya cocok untuk memperbaiki mood, tapi juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas hidup, dan terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Berikut ini penjelasan lebih jelas beberapa manfaat mendengarkan musik.

  1.  Memperbaiki Suasana Hati

Musik dipercaya dapat memengaruhi suasana hati (mood). Ini telah dibuktikan oleh studi yang dipublikasikan dalam Journal of Positive Psychology. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa musik dapat memperbaiki suasana hati, termasuk menciptakan perasaan bahagia. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa terapi musik bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Maka musik diyakini mampu memperbaiki mood, serta kualitas hidup.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Musik klasik yang rutin didengar setiap hari selama 30 menit ternyata mampu mengontrol tekanan darah. Bagi Anda, tidak ada salahnya untuk memulai hari dengan mendengarkan musik.  Selain itu, apabila Anda ingin melakukan olahraga lari di pagi hari, mendengarkan musik dapat membuat Anda berlari lebih cepat, serta menambah semangat untuk berlari. Hal ini akan meningkatkan ketahanan tubuh Anda dalam berolahraga.

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jenis musik yang paling efektif untuk situasi insomnia adalah musik klasik. Ketika malam hari menjelang tidur, ada baiknya untuk memutar musik klasik. Hal ini akan membuat seseorang lebih santai sehingga memudahkan untuk tidur. Cara ini juga mampu meningkatkan kualitas tidur, sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak. Hasilnya, ketika bangun di pagi hari tubuh akan terasa lebih segar.

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dari mendengarkan musik adalah menyehatkan jantung. Ini dikarenakan tempo dalam musik dapat mengubah perubahan detak jantung. Sebagai contoh, ketika seseorang mendengarkan musik bertempo cepat, detak jantung otomatis akan menjadi cepat. Keadaan ini pun berlaku sebaliknya. Tempo inilah yang dapat merelaksasi jantung dan memengaruhi kesehatannya.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya melalui pola makan dan gaya hidup sehat, mendengarkan musik nyatanya juga dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda secara rutin. Sekarang Anda dapat melakukan cek kesehatan dengan mudah melalui PesanLab. Anda tinggal mengunjungi website PesanLab, dapatkan promo pemeriksaan kesehatan, dan segera pesan pemeriksaan kesehatan yang Anda inginkan. Lebih mudah dan hemat dengan PesanLab!

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:30:22+00:00 September 24th, 2018|Fakta Kesehatan, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online