Penyakit Toksoplasma : Gejala, Ciri-Ciri dan Pencegahannya

virus toksoplasma, kucing dan wanita hamil saling berkaitan

Penyakit toksoplasma yang membahayakan, mereka yang rentan terkena adalah; kucing, wanita hamil dan mereka yang mempunyai tingkat immunitas yang rendah

Penyakit toksoplasma tentunya sudah tidak terdengar asing lagi di sekitar kita. Terlebih-lebih di kalangan wanita penyakit ini ternyata menimbulkan horor tersendiri. Banyak mitos yang beredar di masyarakat menghubung-hubungkan penyakit ini dengan wanita, kucing, dan keguguran, nah untuk menjawab rasa penasaran sekaligus membuktikan kebenaran mitos yang beredar di masyarakat tersebut, marilah kita simak bersama penjelasan di bawah ini:

Penyakit Toksoplasma : antara mitos dan fakta 

Mitos 1:

” Toksoplasma ditularkan oleh virus..”

Faktanya:

“toksoplasma ditularkan oleh protozoa Toksoplasma gondii yang ditularkan melalui daging dan kotoran hewan yang terinfeksi. Toksoplasma biasanya menulari orang yang suka memakan daging mentah, yang tidak dimasak dengan kematangan sempurna, yang tidak menjaga kebersihan badan serta lingkungannya dan yang gemar berkebun.”

Mitos 2:

Toksoplasma dapat menular dari kucing, media penularannya adalah air liur dan bulu-bulunya” 

Faktanya:

“Semua hewan berdarah panas dapat menjadi inang dari parasit Toksoplasma gondii ini. Bukan hanya kucing tapi juga ayam, bebek, kelinci, anjing terlebih-lebih babi. Kucing adalah salah satu korban dari virus ini dikarenakan Toksoplasma gondii dapat berkembang biak secara daur seksual (skizogoni) atau daur aseksual (gametogoni dan sporogoni) di usus halus kucing yang kemudian akan menghasilkan ookista, ookista ini berbentuk seperti telur kemudian keluar melalui kotoran kucing yang terinfeksi, setelah itu telur tersebut kemudian menetas dan kemudian dapat hidup dalam otot (daging) manusia dan berbagai hewan lainnya.

Selain dengan media hewan berdarah panas, penularan juga dapat  melalui makanan dan kotoran hewan. Terutama jika anda adalah seorang yang gemar memakan daging mentah dari daging hewan yang terinfeksi, lalapan yang dimakan mentah dan tidak di cuci bersih serta tangan yang tidak dibersihkan dari tanah hasil berkebun, mengapa dari berkebun? Karena Kista toxoplasma juga dapat hidup di tanah dalam jangka waktu tertentu. Dari tanah ini toxoplasma dapat menyebar melalui hewan, tumbuh-tumbuhan atau sayuran yang kontak dengan ookista tersebut.”

Mitos 3:

” Toksoplasma dapat menyebabkan kemandulan” 

Fakta:

Bila terjadi secara terus menerus, toksoplasma dapat menyebabkan kemandulan. Kemandulan ini tidak hanya menyerang kaum wanita saja namun juga pria, para pria yang terinfeksi virus ini akan mengalami pembengkakan kalenjar getah bening yang dapat menyebabkan kemandulan. Toksoplasma akan menginfeksi dan membuat radang pada saluran sperma sehingga akan membuat saluran menyempit atau tertutup. Pada wanita, infeksi ini juga akan membuat radang pada saluran sel telur yang menyebabkan sel telur menjadi menyempit atau tertutup. Paling berbahaya, virus ini juga dapat menyebabkan kecacatan pada fetus (janin) atau bayi.

Nah, berdasarkan fakta diatas, kita dapat mengetahui bahwa toksoplasma dapat menjangkiti siapapun, tidak terbatas dari jenis kelaminnya namun lebih diutamakan adalah meningkatkan  kewaspadaan pada wanita yang tengah hamil atau yang sedang menjalani program hamil (promil). Pada umumnya, manusia kebal terhadap virus ini namun berbahaya bagi janin ataupun mereka yang memiliki tingkat imunitas yang lemah,  berdasarkan hasil penelitian 40% wanita hamil yang terinfeksi toksoplasma di awal kehamilan maka 15% bayi yang dilahirkan akan mengalami abortus (keguguran) atau lahir prematur. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 90% bayi yang terinfeksi dapat lahir normal meskipun pada masa pertumbuhannya mereka akan mengalami gangguan pada saraf mata, pendengaran, kelainan sistemik seperti pada hati dan limpa, pucat, kuning, dan sebagainya.

Mengerikan bukan? Namun jangan risau atau buru-buru memutuskan untuk bermusuhan dengan si meong, toksoplasma dapat diobati dan tentunya dicegah dengan pemeriksaan dan pengobatan  dini yang tepat.

Periksakan diri anda segera jika anda mengalami gejala-gejala seperti ini:

  • Rasa lelah
  • Flu
  • Nyeri kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati serta limpa
  • Gangguan pada kulit

Pencegahan Infeksi Penyakit Toksoplasma

Untuk yang mempunyai kucing sebagai hewan peliharaan lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah penularan toksoplasma:

  • Periksakan kucing anda ke dokter hewan, tes untuk toksoplasma dapat dilakukan di rumah sakit hewan atau di sinas peternakan.
  • Jangan berikan makanan daging/ikan mentah.
  • Kucing yang selalu berada di rumah dan mengkonsumsi makanan kalengan/kering sangat jarang bahkan tidak ditemukan virus toksoplasma di tubuhnya.
  • Jaga selalu kebersihan cat litter
  • Cegah kucing berburu/ berkeliaran di luar rumah dan kontak dengan kucing liar
  • Selalu jaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan anda.

mungkin saat anda terinfeksi, anda akan berpikir bahwa anda terkena gejala flu ringan karena gejala akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan namun tidak ada salahnya untuk melakukan cek darah dan kondisi anda untuk mengurangi kekhawatiran. Namun juga jangan lupa untuk:

  1. Segera lakukan tes laboratorium untuk toksoplasma, terutama pada para wanita atau wanita yang mempunyai rencana hamil. Buka website Pesanlab, untuk melihat pilihan jenis tes laboratorium yang tepat untuk anda. Situs ini juga amat membantu  anda yang tidak mempunyai banyak waktu dan sibuk,  yang lebih asyiknya lagi Pesanlab juga menawarkan keuntungan bagi anda yaitu dengan memberi tahu lokasi terdekat dengan Anda dan juga promo hemat yang secara rutin diadakan.
  2. Memasak daging dengan sempurna, minimal dengan suhu 70°C
  3. Menjaga kebersihan peralatan yang berhubungan dengan pengolahan daging
  4. Cuci tangan, buah-buahan, dan sayuran dengan bersih menggunakan sabun
  5. Gunakan sarung tangan pada saat berkebun atau kontak dengan tanah

Ada baiknya kita menjaga diri kita dari resiko tertular penyakit toksoplasma, jaga kebersihan dan kesehatan, periksakan diri anda secara rutin dan lindungi orang-orang yang anda kasihi dari bahaya penyakit toksoplasma.

Cara Mendeteksi Toksoplasma dan Biaya Tes Toksoplasma

Untuk mendeteksi ada atau tidaknya parasit toksoplasma pada tubuh kita, cara paling tepat ialah dengan melakukan cek darah. Cek darah yang dapat dilakukan untuk mengetahui infeksi toksoplasma adalah:

Anti Toxoplasma Ig G

Anti Toxoplasma Ig M

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan tes darah contohnya seperti melakukan pemeriksaan TORCH, maka pilihlah melakukan pemeriksaan melalui Pesanlab, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Pesanlab diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan !

Klik Disini untuk info Harga Tes TORCH

Comments

comments

By | 2017-06-10T02:05:38+00:00 February 11th, 2016|Fakta Kesehatan, Gejala Penyakit, Keluarga Sehat, Tips Sehat|5 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online

5 Comments

  1. […] Toxoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondi. Pada umumnya, infeksi Toxoplasma terjadi […]

  2. […] saat hamil, Anda akan lebih mudah mendeteksi antibodi terhadap penyakit seperti herpes simplesk, toksoplasma, rubella, dan jenis penyakit lainnya. Tes torch ini dapat mengetahui apa Anda pernah terinfeksi […]

  3. hap 01/03/2017 at 7:00 pm - Reply

    apakah seorang laki laki bisa terkena toksoplasma juga? karena saya sering sekali bermain dengan kucing dan saya tidak tau kucing itu ada tokso atau tidaknya? bagaimana sarannya dan masukannya min. terima kasih

  4. […] tes khusus bagi wanita yang berfungsi untuk mendeteksi infeksi Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes yang dapat mengakibatkan keguguran, bayi lahir prematur dan […]

  5. Ferdy 29/04/2017 at 8:12 am - Reply

    Maaf diatas sudah betul bahwa toxo penyebabnya bukan virus, namun yang di bagian bawah malah selalu disebut bahwa toxo merupakan penyakit karena virus.
    Trims

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.