Petanda Tumor (Tumor Markers) Dan Tes Pemeriksaannya

Apa saja sih pemeriksaan laboratorium yang perlu dilakukan untuk mendeteksi tumor? Berikut ini jawabannya!

Apa saja sih pemeriksaan laboratorium yang perlu dilakukan untuk mendeteksi tumor? Berikut ini jawabannya!


Beberapa bulan terakhir ini, langit di atas tempat tinggal penderita tumor / kanker terasa begitu kelabu. Ada kegetiran yang mencekam dibalik  gubuk atau rumah megah yang menjulang disana. Raga yang begitu digdaya puluhan tahun silam, pelan-pelan memasuki lorong kegelapan yang terasa begitu perih. Tahun lalu, dokter mengumumkan berita yang amat memilukan. Vonis kanker stadium lanjut. Seketika, mental penderita roboh berkeping-keping. Keluarga bahkan harus rela menjual assetnya lantaran biaya pengobatan sudah mencekik leher. Pekerjaan dan rutinitas seketika langsung terkena imbas.

Adakah ini pertanda salam sayonara harus dikumandangkan ? Mengapa penyakit tumor / kanker begitu menghujam mental penderita ? Tes apa yang digunakan untuk mendeteksinya ? Disini kita akan coba menelisiknya.

Banyak penderita tumor atau kanker di Indonesia, akan tetapi kebanyakan tidak tahu apa yang digunakan untuk mendiagnosanya.  Serbuan penyakit ini terasa begitu telak. Di dalam dunia medis, penyakit ini tampak seperti predator yang telah meremuk-redamkan fisik dan mental di mana-mana.  Apa yang salah? Kenapa dokter memvonis penyakit maut itu? Apa parameter yang digunakan untuk menentukannya ? Mungkin bisa kita petik sebagai pelajaran dan pengetahuan.

Tes Untuk Mendeteksi Tumor

Berikut adalah pemeriksaan Laboratorium yang digunakan untuk mendiagnosanya :

  • CEA
  • AFP
  • CA 15-3
  • CA 125
  • CA 19-9
  • PSA
  • CA 72-4
  • Free PSA
  • MCA
  • NSE
  • SCC
  • B-hCG

Sel tumor yang berkembang di tubuh

Sel kanker/tumor yang berkembang di tubuh. Sumber Wikipedia

CEA (Carcino Embryonic Antigen)

Ditemukan tahun 1965 oleh Gold & Freedman. Glikoprotein dengan BM 180.000 dalton. CEA di bentuk di saluran gastro-intertinal dan pancreas sebagai antigen pada permukaan sel yang selanjutnya di sekresikan ke dalam cairan tubuh. CEA sebagai petanda tumor untuk kanker kolorektal, oesofagus, pankreas, lambung, hati, payudara, ovarium dan paru-paru.

Pemeriksaan CEA untuk pemantauan terapi dan meramalkan prognosis.

CEA > 20 ng/mL preoperasi keganasan tinggi (pronosis Kurang baik)
CEA > 2.5 ng/ml Postoperasi adanya kekambuhan 80 % (18 bln mendatang
CEA < 20 ng/ml Metastase

AFP (Alfa Feto Protein)

Glikoprotein BM 70.000 dalton. Digunakan untuk deteksi dan pemantauan cancer hati, testis dan ovarium. Lebih dari 95 % hepatome menunjukkan kenaikan kadar AFP. AFP > 1000 ng/mL dipastikan hepatoma (Kanker hati).

CA 15-3 (Cancer Antigen)

Glikoprotein BM 300.000 – 450.000 dalton. CA 15-3 meningkat pada kanker payudara. Digunakan untuk diagnosis dan pemantauan therapy. Peningkatan Ca 15-3 ditemukan pada pasien sirosis, hepatitis, kelainan Autoimun dan kelainan kelenjar ovarium

CA 125 (Cancer Antigen 125)

Glikoprotein BM 200.000 dalton. Digunakan untuk diagnosis dan pemantauan cancer ovarium. Peningkatan CA 125 terjadi pada penyakit hati kronis, pankreatitis, peritonitis, tetapi kadarnya < 100 U/mL. Sensitifitas tinggi pada karsinoma epitel ovarium.

CA 19-9.

Digunakan untuk diagnosis kanker pankreas. Membantu membedakan kanker pankreas dan saluran empedu, serta kondisi non kanker seperti pankreatitis. Memonitor respon terhadap therapy. Memonitor prognosis kanker pankreas.

Pemeriksaan pendukung : CEA, Bilirubin, Fungsi Liver
Gejala : Sakit abdomen, berat badan turun, dan ikterik

PSA (Prostate Spesifik Antigen)

PSA ada 3 bentuk :

  • PSA komplek (berikatan dengan serine protease inhibitor alpha 1.
  • antichymotrypsin (PSA-Act) dan berikatan dengan Alpha 2 Macroglobulin
  • PSA Unkomplek (Free PSA)

Pemeriksaan PSA secara tradisional : DRE (Digital Rectal Examination) hanya 30 – 40 % dapat terdeteksi. Nilai Normal < 4 ng/mL. Lebih dari 10 ng/mL : indikasi kemungkinan besar kanker prostate. Nilai 4 – 10 : Indikasi BPH

Nilai Normal dan Biaya Pemeriksaannya

Untuk mengetahui apakah hasil pemeriksaan anda dapat dikatakan normal atau tidakm berikut ini nilai normal dari pemeriksaan tumor:

CEA                   : 0 – 5 ng/mL (CMIA)
AFP                   : < 13.4 ng/mL (CMIA)
Ca 15-3            : < 31.3 U/mL (MEIA)
Ca 125              : 0 – 35 U/mL (ELFA)
Ca 19-9            : < 37 U/mL (ELFA)
PSA                   : <= 4 ng/mL (MEIA)

Medical Check Up Banner

Sedangkan untuk mengetahui biaya pemeriksaan masing-masing, Anda dapat langsung mengetahuinya dengan menggunakan layanan dari Pesanlab. Anda tinggal memilih jenis pemeriksaan yang anda inginkan, lalu pilih dan bandingkan harga pemeriksaan tersebut di banyak laboratorium terpercaya seperti Prodia, Kimia Farma, Gunung Sahari, Biotest, Pathlab, Parahita, Liderlab, CAYA dan Primadia. Apabila Anda tidak ingin pergi ke lab, ada dapat menggunakan layanan pengambilan sampel pemeriksaan (home service) di Rumah, Kantor atau dimanapun Anda berada. Selain itu hasil lab akan dikirimkan secara online melalui via e-mail. Masih bingung juga ? Hubungi layanan chat kami atau telp CS di 021 – 22958527.

 

tumor tumor wanita

Comments

comments

By | 2017-06-10T03:14:09+00:00 August 30th, 2015|Gejala Penyakit|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.