Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

Sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi satu hingga dua apel per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Untuk terhindar dari risiko terkena penyakit jantung, Anda perlu menjalani pola hidup sehat. Menjalani pola hidup sehat dapat membuat Anda terhindar dari risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Beberapa kebiasaan sehat yang dapat Anda lakukan antara lain olahraga teratur, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Pertama sekali cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan siap saji dan serba instan. Jenis makanan tersebut nyatanya dapat memperbesar risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung. Tidak hanya itu, makanan siap saji dan serba instan biasanya memiliki kalori dan kadar garam yang tinggi yang dapat menyebabkan hipertensi.

Kelompok Makanan Sehat

Salah satu pola hidup sehat yang dapat Anda jalankan adalah mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Untuk menyehatkan dan membantunya bekerja dengan kuat, jantung membutuhkan senyawa fitonutrien. Senyawa fitonutrien ini terdapat pada sayur dan buah. Lantas apa sajakah makanan yang mengandung fitonutrien? Mengutip berbagai sumber, berikut ini ragam makanan sehat untuk jantung.

  1. Apel

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi satu hingga dua apel per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel ditemukan efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur kadar gula darah. Ini karena, selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yaitu quercetin dan pektin yang baik untuk jantung. Quercetin dipercaya sebagai senyawa yang mampu mencegah peradangan dan asma, serta diduga mampu mencegah kanker. Sedangkan pektin adalah serat larut yang membantu menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah.

  1. Kacang

Perbanyak makan kacang seperti kacang merah dapat bermanfaat bagi jantung. Selain kaya akan fitonutrien, kacang-kacangan juga kaya akan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Di samping itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, parkinson, dan alzheimer.

  1. Anggur

Buah anggur diduga dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Itu karena buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin. Quercetin dipercaya dapat melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.

  1. Biji-Bijian Utuh

Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, beberapa jenis kanker, serta masalah kesehatan lainnya. Ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, mineral, antioksidan, serat, serta vitamin B. Mineral yang dimaksud adalah zat besi, zinc, dan magnesium.

  1. Bawang Putih

Bawang putih dapat sering Anda konsumsi karena diketahui tidak berpengaruh terhadap tekanan darah. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini tentu saja baik untuk kesehatan jantung karena semakin banyak mengonsumsi garam, maka akan semakin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang nantinya dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

  1. Teh Hijau

Ada sejumlah penelitian yang menemukan hubungan antara meminum teh hijau dengan menurunnya risiko penyakit jantung seseorang. Sebuah penelitian di Jepang menemukan hasil bahwa mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki hingga 25 persen lebih rendah risiko kematian akibat terkena serangan jantung dan stroke. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi teh hijau. Karena, meminum lebih dari lima cangkir teh hijau setiap harinya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Oleh sebab itu, jika Anda mengonsumsi banyak teh hijau, maka Anda juga harus memperbanyak konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi dan sistem kemih tetap lancar.

  1. Buah Beri

Beragam buah beri seperti stroberi, bluberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioksidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri juga tidak memicu diabetes.

Comments

comments

By | 2018-12-30T16:29:19+00:00 November 17th, 2017|Fakta Kesehatan, Keluarga Sehat, Makanan Sehat, penyakit jantung|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online