Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Tidak hanya obat-obatan medis, pola makan yang baik dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah kambuhnya penyakit asam urat.

Ketika seseorang terkena penyakit tertenu, tidak hanya dengan metode pengobatan medis, menjaga pola makan yang sehat merupakan salah satu cara untuk mengobatinya. Salah satunya mereka yang menderita asam urat. Mengonsumsi sayuran bagi penderita asam urat merupakan salah satu bagian penting dari pengobatan.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan kristal pada persendian. Gejala penyakit asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba, berupa nyeri yang teramat sangat. Jika kadar asam urat yang tinggi ini didiamkan begitu saja, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Jika Anda memiliki penyakit asam urat, Anda perlu lebih cermat dalam memilih makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Karena apabila Anda tetap sembarnagan mengonsumsi makanan, maka rasa nyeri yang dirasakan bisa semakin memburuk.

Mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati asam urat memang merupakan langkah tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi nyeri. Namun, menjaga pola makan sehat untuk penderita asam urat juga penting untuk membantu meminimalkan serangan dan membatasi tingkat keparahan penyakit asam urat yang mungkin Anda alami. Berikut ini beberapa jenis sayur-sayuran untuk penderita asam urat.

  1. Kentang

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C. Vitamin C ini nantinya yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Bayam

Bayam memang merupakan sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

  1. Wortel

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Ini membuat wortel termasuk ke dalam sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Penderita asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, oleh karena itu kacang bisa menjadi sumber protein yang baik.

  1. Jamur

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

  1. Brokoli

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat.

Pola makan yang baik dan sesuai untuk penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah kekambuhan penyakit asam urat. Selain itu, penderita asam urat juga sebaiknya menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti daging merah, jeroan, makanan laut, serta beragam produk yang tinggi fruktosa seperti minuman bersoda, es krim, serta minuman beralkohol dan makanan cepat saji. Selain itu, penderita juga disarankan untuk rutin berolahraga dan tentu saja meminum air putih yang cukup.

Jika Anda mengalami penyakit asam urat, penting bagi Anda untuk menjalani pengobatan dan juga menjalani gaya hidup dan memakan makanan sehat, guna membantu mengurangi atau menghilangkan gejala penyakit asam urat.

Comments

comments

By | 2018-12-30T15:33:21+00:00 March 19th, 2018|Fakta Kesehatan, Makanan Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online