Sering Mengantuk? Berikut Cara Mengatasinya

Tidur yang cukup pada malam hari untuk menghindari kantuk di pagi dan siang hari saat beraktivitas.

Rasa kantuk dapat timbul kapan saja, ketika sedang belajar, bekerja, atau bahkan saat menyetir kendaraan. Rasa mengantuk yang timbul saat sedang beraktivitas sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, rasa kantuk yang terjadi secara terus-menerus justru dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar produktivitas tetap terjaga, Anda sebaiknya memahami cara efektif untuk menghilangkan kantuk.

Faktor Penyebab Rasa Kantuk

Gejala yang paling sering mengiringi rasa ngantuk umumnya adalah sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi. Rasa kantuk yang biasanya muncul saat beraktivitas pada siang hari umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Simak penjelasannya.

  1. Kurang tidur

Salah satu efek dari kurang tidur adalah mudah mengantuk, sulit mengendalikan emosi, dan daya respons yang melambat. Namun tidak hanya kurang tidur, nyatanya ngantuk juga bisa disebabkan karena terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, seseorang yang tidur lebih dari 8 jam justru lebih mudah merasakan kantuk keesokan harinya.

  1. Dehidrasi

Kurangnya asupan air minum ke dalam tubuh atau yang biasa disebut dehidrasi akan membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk. Air putih sangat penting untuk memastikan semua sistem di dalam tubuh Anda bekerja dengan baik, sekaligus membantu memaksimalkan energi saat melakukan aktivitas fisik.

  1. Jarang bergerak

Berdiam diri terlalu lama ketika bekerja akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa berolahraga ringan di sela-sela kegiatan di kantor, dengan begitu sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

  1. Stres dan depresi

Stres dan depresi umumnya akan menyebabkan seseorang sulit untuk tidur nyenyak pada malam hari. Hal ini akan membuat mereka merasa kantuk pada siang hari. Depresi juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah gangguan tidur, seperti insomnia, apnea tidur obstruktif, dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

Cara Menghilangkan Kantuk

Cara menghilangkan kantuk yaitu dengan memperoleh waktu tidur yang cukup setiap hari. Tidur yang kurang dari 8 jam dapat menimbulkan rasa kantuk di siang hari. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu memajukan waktu tidur. Akan tetapi jika hal ini tidak memungkinkan, tidur siang sekitar 30-60 menit dapat membantu menghilangkan kantuk.

Berikut ini beberapa cara lainnya yang dapat membantu menghilangkan kantuk saat beraktivitas.

  1. Ketika bekerja terlalu lama di depan komputer, istirahatkan sejenak mata Anda dan alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit. Selain itu, bangun lah dari tempat duduk lalu berjalan sekitar 5-10 menit. Selain itu, berbincang dengan rekan kerja juga dapat menjadi solusi jitu untuk menghilangkan rasa kantuk.
  2. Ketika Anda berada di ruangan yang redup, cobalah untuk  menyalakan lampu agar rasa kantuk dapat berkurang.
  3. Mengonsumsi makanan ringan rendah gula, seperti buah-buahan, yogurt, atau kacang.
  4. Tarik napas yang dalam untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam darah dan energi di dalam tubuh.
  5. Minum air putih lebih banyak untuk mencegah dehidrasi.

Tidak hanya terbatas pada beberapa faktor di atas, Anda juga dapat mudah ngantuk karena penggunaan obat-obatan, seperti obat untuk mengatasi penyakit tertentu. Rasa kantuk yang muncul juga dapat dipengaruhi oleh kondisi medis seperti anemia, diabetes mellitus, hingga malnutrisi. Apabila mata Anda masih terasa berat walaupun sudah menerapkan beberapa cara menghilangkan kantuk, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Tidak menutup kemungkinan rasa kantuk yang sering Anda alami dipengaruhi oleh kondisi kesehatan yang lebih serius.

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:53:10+00:00 July 6th, 2018|Fakta Kesehatan, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online