Tips Cegah Kecanduan Makanan Manis pada Anak

Pada umumnya, anak-anak menyukai makanan manis, seperti permen, coklat, es krim, kue, dan lainnya. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, apabila kebiasaan memakan makanan manis ini membuat anak enggan untuk makan makanan lain yang lebih sehat, ibu perlu waspada. Karena bisa jadi sang anak mengalami kecanduan makanan manis.

Nyatanya, terlalu banyak makan-makanan manis dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh anak. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan risiko berat badan berlebih, obesitas, kerusakan gigi, hingga diabetes melitus tipe-2. Oleh sebab itu, para orang tua perlu mencari cara untuk mencegah kecanduan manis pada anak. Berikut ini beberapa tips cegah kecanduan makanan manis pada anak.

  1. Sediakan buah dan sayuran di rumah

Buah sesungguhnya mengandung gula alami yang lebih baik dibanding gula buatan. Oleh sebab itu, salah satu upaya untuk mencegah anak kecanduan makanan manis adalah dengan menyediakan buah-buahan dan sayuran di rumah. Buah dan sayuran pun kaya akan serat, nutrisi, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk kesehatan si kecil. Agar ia semangat untuk mengonsumsinya, ibu bisa menyediakan buah-buahan yang disukainya.

  1. Beri Contoh

Kebiasaan memakan makanan manis tidak bisa dimungkiri seringkali berawal dari kebiasaan orang tua. Apabila orang tua gemar makan makanan manis di depan sang anak, kemungkinan besar ia juga akan melakukan hal yang sama. Ini karena di masa tumbuh kembangnya, sang anak akan belajar lewat meniru perilaku orang di sekitarnya, termasuk pola makan yang ia lihat sehari-hari. Oleh karena itu, agar si kecil tidak kecanduan makanan manis, ayah dan ibu bisa memberikan contoh tentang pola makan yang sehat di depannya.

  1. Jangan Memberi Makanan Manis Sebagai Hadiah

Sebisa mungkin, hindari memberikan hadiah berupa makanan manis pada anak. Ada penelitain yang mengatakan bahwa menghadiahi sang anak makanan manis, seperti permen, coklat, dan es krim, dapat meningkatkan kesukaan mereka pada makanan manis. Jadi, dibanding menghadiahkan makanan manis, lebih baik menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

  1. Batasi Asupan Manis Si Kecil

Orang tua dapat melakukan beragam cara untuk membatasi asupan manis si kecil, seperti memberikan makanan manis dalam porsi kecil, mengombinasikan makanan manis dengan nutrisi lainnya, seperti: mencampurkan cokelat dengan stroberi atau pisang, hingga rutin mengecek kadar gula pada makanan dan minuman yang dikonsumsi sang anak.

  1. Buat Hidangan Manis di Rumah

Daripada membeli makanan manis kemasan yang beredar di pasaran, ada baiknya sang ibu membuat hidangan manis sendiri di rumah. Selain bisa memastikan kadar gula yang dikonsumsi, cara ini juga bisa mempererat hubungan ibu dengan sang anak, terlebih jika ibu melibatkannya dalam proses pembuatan.

Comments

comments

By | 2018-12-30T14:36:48+00:00 August 15th, 2018|Keluarga Sehat, Makanan Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online