Waspadai Gejala Demam Berdarah

Demam tinggi secara tiba-tiba yang berlangsung selama 2 hingga 7 hari secara terus-menerus merupakan salah satu gejala Demam Berdarah Dengue.

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan istilah DBD. DBD, Demam Berdarah Dengue atau Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) merupakan komplikasi demam dengue yang memiliki dampak negatif bagi tubuh. DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui nyamuk Aedes Aegypti. Virus dengue berkembang biak di dalam kelenjar air liur nyamuk selama beberapa hari. Virus ini kemudian ditularkan kepada manusia lainnya melalui gigitan nyamuk yang mengandung virus.

Tidak seperti nyamuk biasa pada umumnya yang mencari makan di malam hari, Aedes Aegypti mencari mangsa di pagi sampai sore hari menjelang petang. Jentik nyamuk penyebab demam berdarah ini seringkali ditemukan pada genangan air atau air yang tidak mengalir seperti kolam, waduk, atau bahkan bak di kamar mandi rumah. Aedes Aegypti menjadikan air yang tenang sebagai sarang untuk berkembang biak.

Virus dengue terdiri dari empat tipe yakni DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Virus ini merupakan penyebab demam berdarah yang ditularkan melalui gigitan kecil pada kulit manusia. Virus dengue akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Reaksi yang muncul adalah timbulnya kerusakan pada pembuluh darah kapiler. Pembuluh darah pun menjadi lebih rapuh, bahkan mengalami kebocoran sehingga isinya masuk ke jaringan sekitar. Kerusakan pada pembuluh darah ini memaksa trombosit untuk menutupinya. Ini menyebabkan semakin banyaknya trombosit yang digunakan, maka jumlahnya pun akan semakin berkurang mencapai titik terendah.

Apabila tubuh berada pada tahap ini, maka tubuh tidak mampu lagi menutup kebocoran tersebut sehingga menimbulkan reaksi pendarahan spontan dan ringan berupa bintik-bintik merah keunguan pada kulit. Pendarahan spontan ini juga dapat terjadi pada beberapa organ dalam seperti saluran pencernaan yang ditandai dengan BAB hitam, serta pendarahan di gusi serta mimisan. Kondisi inilah yang kemudian melatarbelakangi terjadinya penyakit demam berdarah.

Gejala Infeksi Virus Dengue

Agar lebih cepatnya Anda dalam menanggulangi penyakit ini, beberapa gejala yang akan timbul ketika Anda terkena DBD salah satunya adalah demam. Gejala infeksi yang ditimbulkan virus dengue muncul 3-14 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Gejala paling awal pada infeksi virus dengue adalah demam. Demam tinggi secara tiba-tiba yang berlangsung selama 2 hingga 7 hari secara terus-menerus, tanpa ada penyebab lainnya. Demam akibat infeksi dengue memiliki pola bifasik. Umumnya, pada hari ke-3 hingga ke-5 demam akan reda. Namun, justru pada tahap ini lah penyakit mulai memasuki fase kritis. Fase ini adalah puncak terjadinya kebocoran plasma akibat reaksi antigen-antibodi. Akibatnya hematokrit akan meningkat dan trombosit akan turun drastis untuk menutupi kebocoran pada pembuluh darah.

Gejala lain selain demam tinggi adalah rasa mual hingga muntah, lemah, lesu, nyeri kepala, nyeri pada otot dan persendian, pendarahan spontan, serta ruam pada kulit.

Mengobati Gejala Demam Berdarah

Jika gejala yang Anda alami dapat dipastikan karena demam berdarah, maka berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menanggulanginya.

  1. Meminum banyak cairan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Terutama untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang karena demam tinggi dan muntah-muntah.
  2. Memperbanyak istirahat. Anda sebaiknya menghentikan segala aktivitas untuk sementara waktu hingga tubuh benar-benar sembuh dan pulih.
  3. Meminum parasetamol atau acetaminophen untuk meredakan demam dan nyeri
  4. Memakan makanan yang bernutrisi

Apabila Anda melakukan saran di atas dengan benar, maka pada umumnya gejala demam berdarah akan berangsur-angsur pulih dalam waktu 3-5 hari, kemudian akan sembuh total dalam rentang waktu kurang dari dua minggu.

Comments

comments

By | 2018-12-30T16:00:27+00:00 January 14th, 2018|Fakta Kesehatan, Gejala Penyakit|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online